Halaman

Minggu, 23 September 2012

SNMPTN STORY: THE BROKEN PART

Setelah nggangur 4 bulan, yah itu entahlah mulai kapan, akhirnya saya bisa ngupdet blog ini lagi. Dan jeng jeng jeng jeng…

Saya secara official telah menjadi mahasiswa hahahah!!

Entah ini adalah berkah atau kutukan karena secara pribadi saya jadi merasa tua (buat para mahasiswa, saya mohon maaf)

No more uniform, no more teacher, no more rules, and welcome tugas seabrek dan dosen dosen killer!!

Yah, saya selaku penulis blog ngga jelas ini ingin share sedikit (share, bukan curhat kosong belaka) tentang gimana jatuh bangunnya saya dan teman-teman seperjuangan saya menghadapi ujian terbesar dalam hidup yaitu…
SNMPTN.


Saya denger sih tahun 2012 ini adalah tahun terakhir adanya SNMPTN, tapi yah bener tidaknya saya serahkan pada mendiknas sajalah, sudah tak mau aku berurusan dengan yang namanya snmptn (loh?)

Jadi, awalnya saya hanyalah seorang siswi di sebuah SMA antah berantah yang berlokasi di bandung, hidup dengan damai dikelilingi tugas-tugas buat kelulusan, ujian-ujian akhir yang entahlah maksudnya apa, dan  dipenuhi berjuta rasa karena bentar lagi lulus.

Kalau masalah lulus dari SMA sih, secara pribadi gampang-gampang aja, asal diri anda tidak pernah buat masalah (seperti saya) biarpun tidak berprestasi-prestasi amat juga bisa lulus lah…yang menjadi masalah adalah setelah lulus SMA…

PERKULIAHAN (sengaja di capslock biar serem)

Buat saya, saat 4 bulan yang lalu, perkuliahan terdengar seperti film horror yang seremnya nyaingin insidious dan coming soon. Kenapa? Karena saya nggak punya bayangan apapun soal kuliah, dan rumor-rumor soal pergaulan bebas dan sebagainya bener-bener bikin saya yang notabene anak rumahan ciut setengah mati. Mana temen saya nggak ada yang sejalan sama saya lagi (nggak ada yang ngambil jurusan seni lagi). Makin down aja deh…

Dan singkat cerita, setelah sebulan mempersiapkan diri dengan mantra-mantra ngga jitu (baca:belajar ala OVJ, ngga serius!), saya pun akhirnya melangkah pergi dari rumah, diiringi oleh keluarga sekampung (baca: dianterin pake mobil) untuk pergi ke UPI, tempat ujian saya. Oh iya, sebelum lupa, saya waktu itu ngambil IPC dan niatnya sih, mau masuk fakultas seni di sebuah univ ternama di bandung (baca:FSRD ITB). Sesampainya disana (waktu itu masih jam 6 pagi buta, gue kepagian cuy! Padahal ujian mulainya skitar jam stengah 8) tampaklah muka-muka asing yang entah dari negara mana datangnya. Untungnya di tempat ujian masih ada temen, 1 temen diantara ribuan orang yang mau ikut ujian.

Muka-muka mereka itu ada yang siap banget bagaikan udah bawa amunisi perang, senyum senyum pas liat buku latian snmptn, ada juga yang mukanya kaya habis liat setan, tegang abis, ada yang bolak balik kamar mandi (bukan gue stalkerin juga sih), dan banyak lagi lah. Kalian akan tau sendiri kalo ikutan ujian begituan. Ikutan ujian gitu juga sebenernya adalaha salah satu cara untuk memperdalam pengetahuan kalian akan berbagai ekspresi manusia hahaha.

Dan ketegangan dimulai saat panitia membagikan lembar jawaban…

Hah? Lembar jawaban? Kok bisa? Ya bisa ajalah, namanya juga ujian! Saking nervousnya orang-orang, ntu lembar jawaban yang masih bersih itu tampak bagaikan kumpulan rumus-rumus ngga jelas. Dikasih waktu sekitar 15 menitan buat ngisi, orang-orang ngebulak-balik itu lembar, ngecek sampe ratusan bahkan ribuan kali supaya nama ato nomer pesertanya nggak salah. Kan ngga lucu kalo ternyata lo sebenernya lulus SNMPTN tapi salah namanya ato nomernya dan jadi ngga keterima.
Dan muka orang-orang tambah enek kaya habis liat justin bieber nari balet di patung pancoran setelah sang panitia membagikan kertas bertuliskan LEMBAR SOAL.

LET THE HELL BEGIN.

Nggak ada satupun peserta yang tau kaya apa muka mereka masing-masing, hanya Allah dan panitia yang ngawas yang tau. Semuanya terlalu engrossed dalam pekerjaannya masing masing, terjun ke palung terdalam yang disebut soal snmptn. Dan secara pribadi, saya ngga tau apa yang saya kerjakan disitu.

Hari pertama, TPA, Matematika Dasar dan Bahasa Indonesia. Soal TPA sih mending, masih bisa senyam senyum, eh pas liat sebelah (pas udah mau ngumpulin tentu aja), dia njawabnya penuh! What kind of sorcery is this!? Matematik? Hah, jangan ditanya…senyum mulai ilang, pecah duluan otak. Setelahnya bahasa Indonesia, senyum ilang total, yang ada malah jadi pusing lihat gerombolan huruf-huruf yang berdemo di kertas. Pulang-pulang muntah deh…

Hari kedua, penyiksaan dimulai. IPA 4 pelajaran, IPS 4 pelajaran. Berhubung saya anak IPA, itu pelajaran IPS bener-bener kaya manuskrip atlantis, KAGA NGERTI!! Pelajaran IPA juga sebelas dua belas, itu fisika, kimia, biologi dan matematika udah kaya kalkulus tingkat 4 (mungkin). Saya liat soal ini itu ngga bisa ngerjain, ngga diisi malu, tapi kalo ngasal ntar minus. Wah, pokonya dilemma abis, konflik batinnya ngalahin sinetron manapun. Saya jadi kepikiran suatu hari mau bikin film tentang snmptn nih, eh tunggu bentar, GUE MASIH NGERJAIN!! DAN WAKTUNYA TINGGAL 10 MENIT LAGI!! DAFUQ!!

Padahal ujian sendiri hanya berlangsung 2 hari, tapi entah kenapa ujian terasa sangat lama, seperti sudah lewat ribuan tahun. Dengan perasaan yang ngedrop abis karena ujian barusan ngasal total, saya keluar dari UPI, langkah sudah gontai dan wajah sudah lesu, dan orang-orang pun kebanyakan bermuka sama, biarpun emang ada beberapa yang mukanya kaya meme ‘success kid’. Dan saking-saking macetnya (disebut 2 kali biar lebih kerasa), keluar dari parkiran UPI makan waktu setengah jam lebih, padahal mobil parkir udah 
deket gerbang…

Time skip 1 bulan setelah ujian, saya lupa kapan, kalo ngga salah tanggal 6  juni, akhirnya that goddamned result keluar, dan dafuqnya pulsa saya sekeluarga abis, kaga ada wi-fi, dan tidak ada penjual pulsa nearby, mana udah malem lagi. Jadilah saya minta tolong ke temen buat ngeliatin hasilnya di web, saya kasih tuh nomer buat loginnya.
Dan hasilnya…

TING TONG! Anda belum beruntung! YEEEEEEY party party!!!  LET’S PARTY ROCK!! ON THE FLOOR!! GANGNAM STYLE!!! (eh belum jamannya gangnam)

Wait….what??

Ternyata saya ngga keterima, saudara-saudara…hiks…
Sebenernya muka saya pas tau biasa aja, karena udah dari jauh-jauh hari juga udah nyangka bakal ngga keterima sih, tapi ekspresi ortu dan ade-ade udah kaya habis nonton film titanic…sedih sendiri gue jadinya…

Dan beberapa menit kemudian, hape yang biasanya sepi pasien kebanjiran sms dari temen-temen, nanyain gimana hasil snmptn. Hasil survey membuktikan, 2 dari 10 orang tidak lulus snmptn. YEP… I’m not alone, yeah!! Banyakan lagi! Eits, bukan waktunya seneng….

This is time for silence, bro…For our fallen comrade…

Inti dari postingan ini sebenernya adalah, saya tidak lulus SNMPTN, wakakak!

Enough with the mourn, let’s move onto the next step!

Untungnya, saya sudah ikut ujian di univ swasta, dan alhamdullilah keterima. Temen-temen juga pada ikut ujian di tempat lain, entah itu SMUP ato apaan, pokonya pada ikut ujian lagi. Dan tentang kehidupan saya di univ swasta ini akan diceritakan di postingan lain. Sekarang, saya beresin ini dulu.

End of the story, each one of us continued to live our own way. And wherever you guys are, we will never be apart, my friend. We are one heart (malah jadi iklan motor). Yah, saya dan temen-temen masih kuliah 
di bandung sih, jadi sebenernya gampang aja kalo mau ketemu, asal jadwal sama aja, hahah.

Seperti itulah suka duka SNMPTN 2012, ada tawa ada tangis, ada senang ada susah, ada lulus ada tidak huhuhu. Dan buat para manusia yang bernasib sama seperti saya, jangan kecil hati bro. Another survey menyatakankan bahwa hanya 1 dari 20 orang yang keterima di itb, jadi kalo anda keterima, berarti ada 19 orang yang menangis gara-gara anda! Dosa lho, dosa…
Your chance is still as high as the sky. Yang paling penting bukan univnya, tapi kemauan anda dalam menimba ilmu dan kemauan anda menjadi manusia yang berguna untuk bangsa dan Negara! (jiah gue orasi)
MAJU TERUS BRO!!!

Tidak ada komentar: